Drafting Administrasi

 

gambar diambil dari Creative Common Indonesia Facebook https://www.facebook.com/CreativeCommonsIndonesia/

Tahapan ini merupakan tahapan yang terus berulang dilakukan hingga pengajuan ISBN ke Perpusnas diterima dan diterbitkan nomor ISBN atas naskah yang kakak kirim. Tahapan drafting ini berfungsi untuk Memastikan Karya Asli Milik Sendiri, tidak melanggar undang-undang hak cipta, paten dan pemegang merk serta sesuai dengan standar penerbitan sebuah buku. Untuk memastikan hal tersebut maka, pastikan naskah sudah dilakukan :

1. Scan plagiarisme naskah kakak memakai tools plagiarisme. Hasil scan disimpan di dalam Gdrive yang bisa diakses dan link nya di taruh di dalam spreadsheet. Jika ingin membukukan hasil penelitian, pada bagian tab Data Naskah no. 9 terbitan pilih Penelitian dan ubah format penyajiannya menjadi format monograf. Bukan sebagai laporan penelitian, namun sudah menjadi buku umum yang bisa dikonsumsi masyarakat luas. Kata pengantar / pendahuluan / prakata disesuaikan sebagai seorang penulis buku yang mempublikasikan naskah buku ke khalayak umum, bukan hasil copas dari kata pengantar laporan penelitian. Sehingga hindari kata pengantar yang menunjukkan ini adalah hasil dari atau salah satu syarat lulus Tugas Akhir atau Proyek atau Kuliah. Hindari tujuan yang mengindikasikan bahwa buku hanya sebagai output sampingan atau syarat. Cara mudahnya, kaka bisa lihat contohnya langsung daftar isi dan kata pengantar di buku yang sudah diterbitkan di Google Play Book dengan tema atau topik yang sama dengan naskah yang akan kakak terbitkan.

2. Memiliki URL profile penulis. Satu penulis hanya boleh memiliki satu saja URL penulis. Harap dicek dahulu profil kakak di situs Penulis Bukupedia. Jika kakak belum memiliki URL Penulis di bukupedia atau belum pernah melakukan penerbitan naskah melalui bukupedia, maka bisa melakukan permintaan pembuatan URL penulis melalui iteung. Sebelum itu, pastikan dahulu Pada Tab Data Penulis, bagian no.2 sudah menggunakan URL raw image dari github, contoh : https://raw.githubusercontent.com/BukuInformatika/Template/master/euis.jpg . Permintaan pembuatan url penulis dengan perintah : bukupedia dokumen pp urlsheet. atau bisa klik disini dan ditambah dengan url spreadsheet yang sudah kakak buat sebelumnya. Setelah satu menit balasan dari iteung, silahkan kakak melihat di laman penulis bukupedia untuk melihat Profile penulis kakak sudah ada atau belum jika belum cek email. Jika sudah maka salin URL penulis yang ke profile kakak langsung di masukkan ke spreadsheet naskah yang kakak sudah buat kemarin.

3. Memiliki URL katalog buku, jika kakak baru tahap pertama memasukkan naskah. Mohon Kakak cek terlebih dahulu si situs katalog bukupedia. Jika katalog kakak belum ada disana, maka kakak harus membuat dulu URL katalog buku kakak dengan meminta kepada iteung. Sebelum itu, pastikan dahulu Pada Tab Data Naskah No. 19 sudah menggunakan URL raw image dari github, contoh : https://raw.githubusercontent.com/BukuInformatika/Template/master/coverbuku.jpg . Perintah meminta untuk dibuatkan url katalog buku yaitu : bukupedia dokumen pk urlsheet. atau bisa klik disini sambil dilengkapi urlsheet yang kakak punya. Setelah ada balasan dari iteung, silahkan kakak cek laman katalog bukupedia apakah sudah ada buku naskah kakak atau belum, jika belum tunggu sebentar dan refresh halaman dan cek email. Jika sudah ada buku naskah kakak, silahkan klik dan kunjungi. Salin URL katalog nya dimasukkan ke dalam spreadsheet tab Data Rilis pengajuan naskah kakak ya.
4. Memastikan kembali pada tab Data Naskah. No. 17 adalah file pdf hasil save as PDF dari file No. 18. Kemudian pada No. 20 adalah file hasil ekstrak / split pdf dari No. 17. Tools untuk ekstrak dan split pdf bisa menggunakan ilovepdf. Pastikan kembali urutan penulis dan judul buku konsisten antara di sheet, di cover, balik halaman cover/halaman judul dan halaman penerbit atau balik halaman judul. Pastikan halaman daftar isi benar dan lengkap daftar halamannya tidak ada index yang missed. Pastikan URL Katalog Buku pada tab data rilis sudah terisi. Jika sudah yakin benar, maka minta iteung untuk generate dokumen Surat Permohonan ISBN(SPI), dengan perintah : bukupedia dokumen spi urlsheet , atau bisa klik link disini sambil disertakan URL spreadsheetnya. Kemudian dokumen ada di email kakak tinggal di cek, kemudian unduh dan baca secara seksama kembali. 


5. Baca terlebih dahulu dengan seksama semua halaman pastikan tidak ada kesalahan sedikitpun dari dokumen SPI, apabila ditemukan kesalahan langsung perbaiki data di spreadsheet dan ulangi kembali langkah 4. Jika yakin suda diperiksa dengan seksama, silahkan bubuhkan e-meterai dan tanda tangan digital pada halaman SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA. Kemudian verifikasi keaslian dokumen SPI dan Screen Shoot verifikasi nya. Kirimkan melalui surel ptbukupedia@gmail.com dengan me-reply (membalas) email dokumen SPI yang terakhir dikirim penerbit dan attach empat file yaitu : 
  1. SPI yang sudah di e-meterai dan tanda tangan digital
  2. SPK yang sudah di e-meterai dan tanda tangan digital
  3. Screen Shoot verifikasi file No.1 dari situs peruri 
  4. Screen Shoot verifikasi file No.2 dari situs peruri
Setelah mengirimkan reply e-mail, konfirmasikan via Whatsapp 087752000300 menginformasikan sudah mengirim balasan SPI dan mencantumkan URL Spreadsheet di dalam pesan Whatsappnya.

6. Tunggu beberapa hari/minggu untuk direspon oleh pihak Perpusnas, apabila dari pihak Perpusnas meminta perbaikan maka perbaiki terlebih dahulu permintaan revisinya sambil di komunikasikan dengan editor kemudian ulangi langkah 4 dan 5.


FAQ Drafting
T : Kak kenapa ya saya sudah minta iteung tapi jawabannya tidak sesuai dengan contoh
    J : Update dengan format spreadsheet terbaru yang ada di laman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar